Mengelola Pembelajaran dengan Variasi

 

Oleh: Adib Nur Aziz, Guru MTsN 7 Sleman

 

Tugas utama para guru adalah mendidik para siswa melalui pembelajaran yang dilaksanakan di ruang-ruang kelas. Karena bertemu dengan para siswa hampir setiap hari atau minimal setiap pekan, maka kegiatan pembelajaran di kelas boleh jadi terasa membosankan. Kegiatan rutin yang dilaksanakan dari pagi hingga sore membuat capek fikiran dan juga fisik dari para siswa. Apalagi ketika pembelajaran memasuki waktu siang setelah shalat zhuhur dan makan siang, suasana menjadi semakin kurang kondusif.



Satu-satunya cara agar para siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan oleh guru adalah berupa variasi. Variasi akan membuat suasana berubah dan para siswa akan mengalami hal baru yang berbeda dengan keadaan sebelumnya. Oleh karena itu, sudah semestinya setiap guru memahami variasi dalam pengelolaan pembelajaran.



Ada beberapa jenis variasi, di antaranya adalah variasi tempat pembelajaran, variasi metode pembelajaran, variasi tempat duduk siswa, variasi media pembelajaran yang digunakan dan variasi dalam sumber belajar. Semua variasi di atas sangat mungkin dilakukan oleh para guru, sesuai dengan keadaan dan fasilitas yang tersedia di madrasah.



Kegiatan pembelajaran yang monoton, selalu sama dari waktu ke waktu tentu saja sangat membosankan bagi para siswa. Hal ini sangat mungkin terjadi ketika seorang guru tidak memahami pentingnya variasi dalam pembelajaran. Atau jika seorang guru sudah memahami pentingnya variasi, tapi guru tersebut masih ada rasa enggan atau berat untuk melakukan variasi dalam pembelajaran.



  Variasi dalam pembelajaran bukan hal yang mudah, namun bukan pula hal yang sulit. Modal utama dan  pertama yang perlu dimiliki oleh guru agar bisa melaksanakan variasi dalam pembelajaran adalah memiliki rencana pembelajaran, sebelum kegiatan dilaksanakan. Dengan adanya rencana, seorang guru akan faham variasi apa yang diperlukan untuk melaksanakan rencana pembelajaran yang sudah disusun. Man jadda wajada!

Post a Comment

أحدث أقدم