Selingan Sulap di Tengah Pembelajaran

 

Oleh: Adib Nur Aziz, Guru MTsN 7 Sleman

 

Mengelola pembelajaran selama dua jam pelajaran di madrasah bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi para murid yang mengikuti pembelajaran sambung menyambung sebanyak sepuluh jam pelajaran dari pagi hingga sore. Maka rasa bosan, jenuh dan mengantuk mungkin akan muncul pada diri murid sebagai sebuah reaksi yang wajar. Oleh karena itu, para guru dituntut untuk menyelenggarakan pembelajaran yang menarik dan berkualitas meskipun sudah memasuki waktu siang atau sore hari.


Salah satu upaya agar para murid tidak bosan dan jenuh mengikuti pembelajaran di kelas adalah adanya selingan ice breaking (pemecah suasana) d tengah-tengah pembelajaran. Sulap merupakan salah satu bentuk pemecah suasana yang efektif karena akan menarik para murid untuk menyaksikannya dan menjadi hiburan bagi mereka. Para murid yang semula mengantuk atau bosan, akan menjadi segar kembali setelah melihat pertunjukan sulap yang dilakukan oleh seorang guru di depan kelas.


Guru perlu memiliki kemampuan melakukan sulap di depan para muird. Ada banyak cara agar guru bisa melakukan,di antaranya adalah belajar sulap dari buku-buku atau video aneka sulap dari internet. Ada banyak sulap yang mudah untuk dilakukan dengan bahan yang terjangkau. Hanya dibutuhkan kreatifitas dan inovasi dari para guru agar berbagai bentuk sulap yang ada di internet atau di buku bisa dipelajari dan ditampilkan di depan para murid.


Ada manfaat lain dari selingan sulap di tengah pembelajaran. Boleh jadi dari pertunjukan sulap yang dilakukan oleh seorang guru, ada murid-murid yang termotivasi untuk belajar sulap dan akhirnya kelak menjadi tukang sulap yang profesional. Boleh jadi di masa depan akan ada murid yang menjadikan sulap sebagai mata pencahariannya. Jadi, sulap di tengah pembelajaran sangat perlu dan membawa banyak manfaat. Man jadda wajada!

Post a Comment

أحدث أقدم