(1) 4 Kunci sukses PGM Indonesia



Oleh Nurul Jubaedah, S.Ag.,S.Pd.,M.Ag.

(Guru SKI di MTsN 2 Garut)

Masalah pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan kaitannya dengan dimensi administrasi dan pendidikan. Melalui pendidikan harus dapat memecahkan masalah. Pendidikan yang baik bisa menghapuskan kebodohan. Itulah sebabnya penulis membuat artikel ini untuk mengetahui apa saja permasalahan pendidikan di Indonesia.

Sejauh yang penulis tahu tentang masalah pendidikan di Indonesia. Penulis berharap akan ada perubahan yang sesuai terjadi dalam perkembangan zaman baik dalam ukuran pendidikan maupun administrasi.  Masalah pendidikan sekarang diketahui salah satu diantaranya adalah rendahnya tingkat pelayanan pendidikan di Indonesia, rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, rendahnya literasi anak-anak di Indonesia dan  lain-lain.

Berdasarkan permasalahan di atas penulis mencoba untuk mengupas tuntas mengenai eksistensi dan peran Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) sehingga bisa menjadi problem solving dari berbagai macam problametika pendidikan yang tengah bergulir saat ini. PGM Indonesia didirikan pada tanggal 23 Juli 2008 di Jakarta dan diresmikan pada tanggal 24 Juli 2008 di Pendopo Pandansari, Cibubur Jakarta, dihadiri oleh 1.260 guru madrasah  dari 12 provinsi dan 26 kabupaten/kota administratif di  Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) adalah organisasi  guru profesional yang diwakili dan dilaksanakan oleh guru Madrasah dalam rangka pelaksanaan profesi, pengembangan keterampilan, karir, visi pendidikan, perlindungan profesi, kesejahteraan dan pelayanan sosial. Oleh karena itu, PGM Indonesia memerlukan partisipasi dan kerja nyata dalam tugas-tugas dinamis organisasinya berdasarkan semangat dan keharmonisan organisasi sesuai dengan peraturan dan ketentuan organisasi.

PGM Indonesia memegang peranan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di Indonesia. Berikut adalah beberapa peran penting PGM Indonesia:

1.      Peningkatan kualifikasi guru: PGM Indonesia berperan dalam peningkatan kualifikasi guru madrasah di Indonesia. PGM Indonesia menyelenggarakan berbagai pelatihan, seminar, dan lokakarya untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengajar dan membina peserta didik madrasah. 

2.      Pengembangan Kurikulum: PGM Indonesia bergerak dalam bidang pengembangan kurikulum madrasah  sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. PGM Indonesia berkontribusi dalam pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan pelajaran agama Islam dengan pendidikan umum sehingga peserta didik di madrasah  memperoleh pemahaman yang komprehensif. 

3.      Penyediaan materi pembelajaran: PGM Indonesia membantu menyediakan materi pembelajaran yang relevan dan berkualitas kepada guru dan peserta didik di madrasah. Mereka menghasilkan bahan ajar, buku dan alat peraga yang sesuai dengan konteks pendidikan Islam di Indonesia. 

4.      Meningkatkan mutu madrasah: PGM Indonesia berperan dalam meningkatkan mutu madrasah di Indonesia. PGM Indonesia mengevaluasi dan membimbing kegiatan pembelajaran di madrasah, memberikan masukan dan membimbing guru dan kepala madrasah untuk meningkatkan manajemen dan efektivitas pembelajaran. 

5.      Pemajuan dan Perlindungan Hak Guru Madrasah: PGM Indonesia merupakan forum dimana guru madrasah dapat menyuarakan kepentingan dan haknya. Mereka berperan dalam mengadvokasi kesinambungan dan perbaikan kebijakan pendidikan terkait madrasah dan  status serta kesejahteraan guru madrasah. 

6.      Kolaborasi dan Jejaring: PGM Indonesia memfasilitasi kerjasama antara guru madrasah, lembaga pendidikan dan pihak terkait lainnya. Mereka membantu membangun jaringan dan kerjasama antar lembaga pendidikan Islam di Indonesia untuk saling mendukung dan berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Dengan peran tersebut, PGM Indonesia berencana meningkatkan kualitas pengajaran di madrasah dan memperkuat posisi guru madrasah dalam sistem pendidikan nasional. PGM Indonesia harus peduli dan mampu menciptakan terobosan-terobosan baru untuk menyelesaikan permasalahan bangsa, khususnya yang berkaitan dengan politik, yang terbukti merugikan dunia madrasah.

PGM Indonesia harus melahirkan “pejuang tangguh” untuk membangun madrasah. Kunci sukses PGM Indonesia adalah: database potensi madrasah yang valid, lahirnya penulis-penulis hebat di lingkungan madrasah, publikasi berbasis teknologi informasi, dan kemampuan bersinergi dengan pihak lain, baik nasional maupun internasional, organisasi sektor swasta, bukan hanya Kementerian Agama.

Artikel ini akan ditutup dengan sebuah ayat Al-Quran yang dapat dikaitkan dengan peningkatan kualitas pendidikan:

"Dan katakanlah: 'Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.'" (QS. Thaha [20]: 114)

Ayat ini menunjukkan pentingnya bagi kita sebagai pendidik tidak hanya mengajar dan mendidik di kelas melainkan juga kita wajib mencari ilmu dan meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. Dalam konteks pendidikan, ayat ini mengajarkan kita untuk selalu berusaha meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kita melalui pendidikan.

Dengan memohon kepada Tuhan lebih banyak ilmu, kita menunjukkan kesadaran bahwa pendidikan adalah anugerah dan  sarana menuju kesuksesan dan kesuksesan dalam hidup.  Ayat ini juga mendorong khususnya kepada para guru madrasah Indonesia dan umumnya kepada umat Islam untuk menjadi pribadi yang berilmu dan terampil di berbagai bidang sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih baik kepada masyarakat dan seluruh umat manusia.

Peningkatan mutu pendidikan tidak hanya mencakup aspek akademik tetapi juga menyangkut pembangunan karakter, etika dan keterampilan lainnya.  Dalam konteks modern, ayat ini dapat menginspirasi kita sebagai pengurus maupun anggota PGM Indonesia untuk terus memperbaiki sistem pendidikan, menyediakan akses pendidikan  berkualitas untuk semua, dan mengintegrasikan teknologi dengan bijak ke dalam  pembelajaran.

 

Daftar Pustaka

Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021). Masalah Pendidikan di Indonesia.

Amelia, S. (2022). Organisasi Profesi Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru.

Siregar, N. H. (2020). Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP1(1), 38-48.

 

 

 

 

Biodata

Nurul Jubaedah, lahir dan tinggal di Garut, 19 Mei 1978. Mengajar di MTsN 2 Garut. Pendidikan: D-1 Akuntansi (1995), S-1 PAI UNIGA (2001), S-1 Bahasa Inggris STKIP Siliwangi Cimahi (2007), S-2 PAI UIN SGD Bandung (2012). ASN Golongan IV-a. NIP. 197805192007102001.

Jabatan : Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Ketua MGMP SKI Kabupaten Garut (2024-2026), Seksi Bidang Peningkatan Mutu Madrasah di PGMI Kabupaten Garut, penulis tetap di melintas.id sejak tahun 2023. Ketua Humas AGERLIP (Asosiasi Gerakan Literasi Pendidik) PGM Indonesia tahun 2024-2024-2029

Prestasi: Pembimbing KIR. Membimbing 27 judul karya ilmiah remaja kategori Sosial-Budaya, mengantarkan peserta didik juara 1, 2, 3, dan harapan 1 kategori Sejarah, Geografi, dan Ekonomi (tingkat provinsi), juara harapan 1 dan 2 (tingkat nasional) (Juli 2019-September 2021), guru berprestasi tahap 1 (2021), juara favorit guru berprestasi di GTK Madrasah (2022),  lolos tahap 1, 3, dan 4 AKMI KSKK Madrasah (Februari 2022, Januari 2023, dan Maret 2024). Guru Berprestasi Kemenag Garut (Desember 2023), Guru berprestasi Madrasah Menulis (Februari 2024), dan Guru berprestasi dan inspiratif di MTsN 2 Garut (Maret 2024)

Karya: 8 buku solo, 38 buku antologi (Januari-September 2024). Memiliki 900 konten pendidikan di kanal YouTube dan 250 artikel (Oktober 2021-Oktober 2024).

Blog                http://nuruljubaedah6.blogspot.com/

Instagram        : nj_78 

(https://www.instagram.com/nj_78/)

Surel                nuruljubaedah6@gmail.com

Tiktok              : Nurul Jubaedah

(https://www.tiktok.com/@nuruljubaedah1978)

Facebook         : Nurul Jubaedah

Post a Comment

أحدث أقدم